Unified Modeling Language (Uml)



            Dimulai tahun 1994, Booch, Runbaugh dan Jacobson merupakan tiga tokoh yang metodelogi-nya paling banyak dipakai mempelopori organisasi yang bertujuan menyatukan metodelogi-metodelogi berorientasi objek, organisasi tersebut dinamakan OMG (Object Modelling Group). Pada tahun 1995 OMG merealisasi draf pertama dari UML (versi 0.8) dan pada tahun 1997 UML versi 1.1 muncul dan sekarang versi terbaru dari UML adalah versi 2.0. Pada tahun 1997 Booch, Runbaugh dan Jacobson menyusun tiga buku tentang UML. Sejak saat itulah UML telah menjelma menjadi standar bahasa pemodelan untuk aplikasi berorientasi objek
Diagram UML
            UML merupakan sintak umum untuk membuat model logika dari suatu sistem dan digunakan untuk menggambarkan sistem agar dapat dipahami selama fase analisis dan desain. UML biasanya disajikan dalam bentuk diagram/gambar yang meliputi class beserta atribut dan operasinya, serta hubungan antar class yang meliputi inheritance, association dan komposisi.
1. Use Case Diagram
            Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem, yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case mempresentasikan sebuah interaksi antara actor dengan sistem. Use case menggambarkan kata kerja seperti Login ke sistem, maintenance user dan sebagainya.
2. Lambang-lambang dalam Use-Case Diagram
1.   Aktor merupakan sebuah entita yang berinterkasi dengan use case. Nama actor dituliskan di bawah gambar tersebut.
2.   Use case menggambarkan sebuah fungsi terntentu yang disediakan oleh system, sebuah subsistem atau urutan pertukaran pesan antara anggota system dan satu atau lebih actor melakukan aksi yang dikerjakan oleh system.
3.   Hubungan, menggambarkan hubungan association. Garis ini digunakan untuk menghubungkan antara actor dengan use case.
3. Komponen Usecase Diagram
1.   Actor
Gambar Actor
            Actor menggambarkan pengguna software aplikasi (user). Actor membantu memberikan suatu gambaran jelas tentang apa yang harus dikerjakan software aplikasi.
2.   Usecase
Gambar Usecase
3.   Association / Directed Association
Gambar Association
            Asosiasi, yaitu hubungan statis antar element. Umumnya menggambarkan element yang memiliki atribut berupa element lain, atau element yang harus mengetahui eksistensi element lain. Panah navigability menunjukkan arah query antar element.
4.   Generalization
Gambar Generalization
            Generalization, yaitu hubungan hirarki antar element. Element dapat diturunkan dari element lain dan mewarisi semua atribut dan metoda element asalnya dan menambahkan fungsionalitas baru, sehingga ia disebut anak dari element yang diwarisinya. Kebalikan dari pewarisan adalah generalisasi.
5.   Dependency
Gambar Dependency
            Dependency/ketergantungan adalah suatu jenis hubungan yang menandakan bahwa satu element, atau kelompok element, bertindak sebagai klien tergantung pada unsur lain atau kelompok element yang berlaku sebagai penyalur. Ini merupakan suatu hubungan lemah yang menandakan bahwa jika penyalur klien diubah maka klien secara otomatis akan terpengaruh oleh perubahan tersebut. Ini merupakan suatu hubungan searah.
  • Include, digunakan jika satu atau lebih use case melakukan berbagai langkah fungsionalitas yang sama. Langkah-langkah yang umum tersebut sebaiknya digabungkan kedalam use case-nya masing-masing.
  • Extend, digunakan jika suatu use case dapat terdiri dari fungsionalitas yang kompleks yang terdiri dari beberapa langkah, yang membuat logika use case sulit dipahami. untuk menyederhanakannya, langkah-langkah tersebut diekstrak menjadi use case itu sendiri.
Gambar Include
Gambar Extend
4. Class Diagram
            Class adalah sebuah spesifikasi yang jika di-instansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (attribute/property) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metode/fungsi).
            Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, packed dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi dan lainnya. Tiga Area Pokok :
1.   Nama
2.   Atribut
3.   Metoda
Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut :
•     Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan.
•     Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya.
•     Public, dapat dipanggil oleh siapa saja.
5. Komponen Class Diagram
1.   Subsystem
Gambar Subsystem
            Sedangkan suatu package adalah suatu mekanisme umum untuk mengorganisir element-element model, suatu subsistem menggambarkan suatu unit tingkah laku di dalam sistem fisik.
2.   Class
Gambar Class
            Suatu class adalah mendeskripsikan untuk satu set object dengan struktur serupa, perilaku/behavior, dan hubungan/relation.
3.   Signal
Gambar Signal
            Signal adalah suatu yang menggambarkan spesifikasi dari asynchronous stimulus yang berkomunikasi antar kejadian.
4.   Exception
Gambar Exception
            Suatu Exception adalah suatu isyarat yang diangkat oleh behavior dalam suatu ketika terjadi kesalahan.
5.   Port
Gambar Port
            Port adalah suatu struktural suatu peng-class-an yang menetapkan suatu interaksi beda yang menunjukan antara peng-class-an dan lingkungannya atau antara ( perilaku) peng-class-an dan bagian internalnya.
6. Activity Diagram
            Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktifitas dalam sebuah sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Activity diagram tidak menggambarkan sifat internal dari sebuah sistem dan interaksi antara beberapa sub sistem secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.
7. Lambang Activity Diagram
1.   Awal ( Initial state ), menunjukkan tempat dimulainya diagram. Lambang ini boleh diberi label dengan isi berupa nama kejadian yang memanggilnya.
2.   Akhir ( Final state ), menunjukkan tempat berakhirnya diagram. Lambing ini tidak memerlukan label. Diagram aktivitas dapat memiliki satu atau lebih akhir.
3.   Aktivitas adalah bentuk khusus dari keadaan dimana aktivitas menggamabarkan kegiatan yang dilakukan.
4.   Penyelaras digunakan untuk menyelaraskan lebih dari satu transisi baik itu masuk ataupun keluar. Sebuh jalur masuk dengan lebih dari satu jalur keluar atau beberapa jalur masuk dengan satu jalur keluar.
Gambar Activity Diagram
8. Sequence Diagram
            Sequence diagram untuk use case adalah diagram interaksi yang mengekspresikan interaksi antara aktor dan sistem dengan penekanan waktu. Setiap skenario pada use case harus dibuat sequence diagramnya. Yang dideskripsikan adalah keinginan aktor, bukan mekanisme implementasi. Sequence diagram menunjukkan hubungan dinamis antara objek. Setiap sequence diagram hanya mendeskripsikan satu skenario.
 9. Komponen Sequence Diagram
1. Obyek atau Participant
Gambar Participant
            Obyek atau participant diletakan di dekat bagian atas diagram dengan urutan dari kiri ke kanan. Mereka diatur dalam urutan guna menyederhanakan diagram. Setiap participant terhubung dengan garis titik-titik yang disebut lifeline. Sepanjang lifeline ada kotak yang disebut activation. Activation mewakili sebuah eksekusi operation dari  participiant. Panjang kotak ini berbanding lurus dengan durasi activation.
2. Message
Gambar Message
            Sebuah message bergerak dari satu participant ke participant yang lain dan dari satu lifeline ke lifeline yang lain. Sebuah participant bisa mengirim sebuah message kepada dirinya sendiri.
3. SelfMessage
Gambar SelfMessage
            SelfMessage adalah Message to Self adalah message yang diberikan oleh sebuah objek kepada dirinya sendiri.

            Use-case menggambarkan perilaku software aplikasi, termasuk didalamnya interaksi antara actor dengan software aplikasi tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar