PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA DUNIA ASURANSI

        Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Dan dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.
          Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Asuransi merupakan metode untuk mengurangi risiko dengan cara memindahkan dan mengelompokkan ketidak pastian kerugian keuangan. Adapun hal penting untuk menjadikan bukti bahwa kita telah merujuk dengan perusahaan asuransi tersebut biasanya menggunakan polis asuransi. Sedangakan, polis adalah bukti tertulis atau surat perjanjian untuk pihak-pihak yang mengadakan perjanjian antara nasabah maupun lembaga asuransi.
          Peranan agen dalam perusahaan industri tetap penting meski Microsoft dan Bill Gates pernah mengatakan dalam hal ini agen akan musnah. Sebab masyarakat membeli polis asuransi cukup melalui internet. Namun Deputi Presiden Direktur dan Chief Marketing Officer AIG Lippo Life, Sugianganto Budisuharto mengatakan tidak sependapat dengan pernyataan yang kemudian memang dikoreksi oleh Bill Gates sendiri. “Bagaimana kalau agennya menggunakan internet ?” kata Budi.
          Orang memang lebih suka berhadapan dengan orang ketimbang dengan layar monitor. Orang yang membeli asuransi melalui internet adalah orang yang memang bermaksud membeli asuransi untuk diri sendiri. Yang takut justru perusahaan asuransinya. Jangan-jangan orang yang ingin membeli asuransi melalui internet punya maksud tertentu seperti sudah divonis mati dokter.
          Mengenai kualifikasi agen, asosiasi perusahan asuransi Indonesia sudah membuat standarisasinya. Dulu Dewan Asuransi Indonesia menyelenggarakan uji lisensi keagenan namun sayang banyak yang tidak peduli. Mulai tahun ini soal kualifikasi agen sudah dimasukkan dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) dan di peraturan tersebut sudah ditunjuk siapa yang mengatur hal itu yakni asosiasi. Menurut Budi agen asuransi harus memiliki SIM (Surat Ijin Menjual). SIM A khusus menjual produk tradisional sedangkan SIM B untuk menjual produk unit link. Pemegang SIM B otomatis bisa menjual produk tradisional tetapi sebaliknya tidak. Di AIG Lippo, seluruh agen asuransi dilatih dan diuji sendiri dan biasanya standarnya lebih tinggi. Dengan keluarnya ijin keagenan, praktis seluruh silabus pelatihan kita minimum memenuhi standar.
          Penerapan sistem informasi berdasarkan komputer dapat  mempengaruhi struktur organisasi, motivasi dalam organisasi, manajemen, dan pengambilan keputusan. maka dari itu penerapan sistem informasi dalam dunia asuransi bisa dikatakan penting. Tapi, tergantung pada manusia itu sendiri bagaimana mereka dapat memanajemen sistem sebaik mungkin sehingga informasi-informasi yang dibutuhkan dan diberikan bermanfaat sangat baik bagi orang-orang yang memerlukannya.
          Jadi penerapan sistem informasi ini berperan pada dunia asuransi seperti pada perusahaan asuransi cacat tubuh, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi rumah, asuransi kendaraan, dll. Yang berguna untuk memanajemen sistem perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar