Definisi Interaksi Manusia dan Komputer

          Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan komputer, dimana manusia bisa berinteraksi dengan nyaman oleh komputer sehingga manusia lebih mudah untuk mendapatkan sebuah informasi. Untuk mendapatkan informasi yang maksimal manusia dan komputer harus saling memberi aksi dan reaksi.
          Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali kita berinteraksi dengan komputer, contohnya saja ketika kita sedang mengambil uang di atm secara tidak sadar kita telah berinteraksi dengan komputer, mungkin hanya karena si manusia saja yang kurang memperhatikan apakah dia sedang berinteraksi dengan komputer atau tidak. Hal ini terjadi dikarenakan komputer itu sendiri merupakan bagian dari suatu ciptaan manusia. Menurut saya apabila manusia lebih sering berinteraksi dengan komputer maka sejumlah masalah banyak yang akan lebih mudah di pecahkan jika pengkomputerisasian berjalan dengan baik dan benar.
          Tanpa disadari kita(manusia) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda(komputer), yang hanya dengan menekan tombol berupa huruf atau angka pada keyboard atau dengan menggeser sebuah benda untuk mengarahkan pointer yaitu mouse. Yang kemudian hasil ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).
          Jadi secara singkat Interaksi Manusia dan Kompter adalah perancangan antarmuka antara manusia dan komputer yang dapat menginput data, memproses data, serta menjadikannya output yang berupa sebuah informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar